ads

Gallery

Tips Amankan Android Anda Dari Hacker dan Pencuri Password



1. Aktifkan fitur "encrypt device" pada smartphone

masukkan deskripsi gambar disini
Enkripsi merupakan metode keamanan data dengan menggunakan kode-kode rahasia yang hanya diketahui oleh dirimu. Jadi, menggunakan fitur enkripsi dapat membantu memaksimalkan kemanan ponsel Android yang kita punya. Fitur enkripsi dapat ditemukan pada menu "Settings" di Android. Setelah menggunakan fitur ini, mungkin saja akan ada sedikit perubahan dari kinerja smartphone. Kamu akan membutuhkan sebuah password untuk mengakses semua data apapun. Dijamin Androidmu akan aman menggunakan fitur ini.

2. Gunakan fitur Lock Apps pada Android

masukkan deskripsi gambar disini
Bila perlu cara amankan Android yang lebih mantap, kamu perlu mengunci semua aplikasi yang ada di Android. Karena ada beberapa aplikasi yang berisi informasi pribadimu yang mungkin kamu tidak ingin untuk orang lain melihatnya. Misalnya aplikasi chat atau galeri foto dan video yang rentan terhadap pencurian dan sifatnya sensitif untuk orang lain ketahui.

3. Gunakan fitur Lock Screen bawaan Android

masukkan deskripsi gambar disiniSalah satu fitur keamanan yang Android miliki yaitu Lock Screen. Ada banyak jenis Lock Screen yang disediakan, mulai dari Password, PIN, Pattern, hingga Face Unlock. Fitur Lock Screen bisa kamu aktifkan di menu pengaturan Android. Gunakan metode password yang tidak mudah ditebak dan jangan gunakan informasi yang berhubungan dengan informasi pribadi menjadi sebuah password pada Android. Jangan juga menggunakan Lock Screen dari aplikasi pihak ketiga, karena mudah sekali dijebol.

4. Menggunakan VPN untuk chatting, browsing, download, dan video call

masukkan deskripsi gambar disini
Ada banyak aplikasi yang menyediakan VPN gratis sebagai cara amankan Android. Alangkah baiknya jika kamu pakai premium atau berbayar. Tujuannya agar melindungi informasi yang ada di Android. Jika menggunakan versi VPN yang premium maka kamu akan mendapatkan akses lifetime unlimited dan kencang. Tugas VPN yaitu menyembunyikan alamat IP yang kita miliki saat mengakses jaringan internet. Kamu bisa lihat VPN Android terbaik di artikel ini aplikasi VPN Android terbaik untuk akses situs yang diblokir.

5. Jangan menyimpan semua password di ponsel

masukkan deskripsi gambar disini
Kebanyakan orang menyimpan password mereka di dalam website dan layanan online lainnya. Jika kebiasaan ini masih kamu lakukan kemungkinan besar seseorang yang mempunyai niat jahat bisa saja mengambil semua informasi tersebut dan mengaksesnya. Jika hal ini terjadi maka penyesalan yang akan terjadi. Jangan simpan semua daftar password di dalam ponsel Android, apalagi untuk informasi akun yang bersifat sangat rentan seperti informasi internet banking atau informasi pembayaran yang lainnya.

6. Buat banyak akun di Android

masukkan deskripsi gambar disini
Jika ponsel Androidmu bukan kamu saja yang menggunakannya, misalnya anak, adik, teman, pacar, dan lain sebagainya, maka langkah ini sangat penting untuk dilakukan. Buat beberapa Guest Account pada ponsel Android untuk memisahkan antara akun utama dan akun tamu. Hal ini dapat melindungi informasi pribadi saat kita berbagi ponsel dengan orang lain.

7. Install aplikasi antivirus

masukkan deskripsi gambar disini
Ada banyak aplikasi antivirus yang tersedia untuk Android, pilih satu saja yang menurutmu itu bagus dan ampuh untuk mengusir virus-virus jahat yang bisa saja menyerang dan mencuri data pentingmu. 

8. Download aplikasi hanya pada toko aplikasi yang terpercaya

masukkan deskripsi gambar disiniAda banyak sekali aplikasi untuk Android yang bertebaran di Internet, dan karenanya ada banyak pula alternatifapp store yang muncul. Tetapi dari sekian banyak app store, tidak semuanya juga menjamin keamanan dari serangan pencurian data dan sejenisnya. Meskipun app store sudah aman, tetapi ada juga aplikasi yang menjalankan perintah tertentu di belakang layar untuk mencuri data pengguna. Oleh karena itu tetap gunakanapp store yang terpercaya dan jangan lupa membaca kebijakan dan persyaratan ketika ingin men-download aplikasi di app store manapun. Biasanya setiap aplikasi memiliki kebijakan dan persyaratan tertentu kepada penggunanya.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment